Sunday 29 July 2012

AMPLANG, AMPLANG IKAN, KERUPUK AMPLANG

AMPLANG adalah makanan khas berupa kerupuk yang terbuat dari Ikan Tenggiri, tepung tapioka, dan campuran bahan lain sehingga berbentuk seperti balok-balok persegi kecil. Rasanya pasti enak dan renyah serta gurih. Hampir semua di daerah Kalimantan mengenal Amplang Ikan. Di beberapa daerah amplang sangat terkenal seperti Amplang Samarinda, Amplang Kotabaru, Amplang Kuku Macan, dll. Amplang sebenarnya bisa juga kita sebut sebagai Kerupuk Ikan Tenggiri, karena biasanya bahan baku utama adalah ikan tenggiri. Ada beberapa daerah di Indonesia membuat dari jenis ikan-ikan lain tapi Ikan Tenggiri yang akarab di lidah para penggemar AMPLANG.



AMPLANG biasanya dibuat oleh Home Industri oleh masyarakat Kalimantan kemudian dipasarkan baik untuk konsumsi masyarakat Kalimantan sendiri, untuk sebagai oleh-oleh atau bahkan ada beberapa yang sudah di ekspor ke negara tetangga. Amplang cocok dinikmati saat santai dan juga suguhan favorit saat hari-hari besar keagamaan dimana banyak tamu yang berkunjung ke rumah.

Seperti halnya LAMPIT sebagai barang oleh-oleh yang wajib dibawa ketika meninggalkan Banjarmasin. Dalam hal makanan AMPLANG lah yang No. 1, dan wajib dibawa sebagai buah tangan yang murah meriah. Ingat BANJARMASIN pasti anda akan ingat AMPLANG!

No comments:

Post a Comment